Pengembangan Model Pelatihan Motorik dengan Pendekatan Permainan Tradisional di SD Negeri 020/III Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin

Maulana, Isral (2018) Pengembangan Model Pelatihan Motorik dengan Pendekatan Permainan Tradisional di SD Negeri 020/III Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ISRAL_MAULANA_1303411_5966.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya pengembangan model pelatihan motorik dengan pendekatan permainan tradisional di SD Negeri 020/III Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin. Tujuan penelitian ini yaitu mewujudkan model latihan motorik dengan pendekatan permainan tradisional yang valid, praktis dan efektif bagi siswa SD Negeri 020/III Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SD Negeri 020/III Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin. Sampel dalam penelitian ini yaitu 34 orang siswa kelas V SD Negeri 020/III Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, Kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase. Sedangakan data yang berupa saran dan alasaan jawaban dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Model pelatihan motorik dengan pendekatan permainan tradisional dikategorikan valid dengan nilai sebesar 79,4% dari ahli materi dan 82,4% dari ahli media, model pelatihan motorik dengan pendekatan permainan tradisional dapat dikatakan praktis dilihat dari kesimpulan ahli, respon guru yang diperoleh nilai 79%, dan respon siswa dengan nilai 73,6%. Dikatakan efektif berdasarkan hasil belajar dengan nilai aspek afektif sebesar 70,4%, aspek kognitif dengan nilai 86,7%, dan aspek psikomotorik dengan nilai 77,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:28
Last Modified: 13 Mar 2020 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26029

Actions (login required)

View Item View Item