EfektivitasPenggunaan Permainan Edukatif Ludo Kimia pada Materi Ikatan Kimia terhadap Basil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung.

Ramadhani, Ikhsan (2019) EfektivitasPenggunaan Permainan Edukatif Ludo Kimia pada Materi Ikatan Kimia terhadap Basil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ IKHSAN_RAMADHANI_14035079_729_2019.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya media permainan edukatif ludo kimia sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia yang belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan media permainan edukatif ludo kimia sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Lubuk Alung. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan pemahaman hasil belajar yang lebih baik terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing- masing sebesar 83,64 dan 77,88. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata uji N- Gain kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kategori sedang, serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, yaitu thitung (3,431) > t.-u (1,668) pada tarafnyata a= 0,05 dengan dk=68 dan peluang t0_95. Hal ini menandakan hipotesis diterima. Keywords: Efektivitas, media permainan edukatif ludo kimia,, ikatan kimia, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:10
Last Modified: 12 Mar 2020 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26012

Actions (login required)

View Item View Item