Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kompetensi Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Kota Solok.

Fadilla, Medina (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kompetensi Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MEDINA_FADILLA_1305686_3784_2019.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 1 Kota Solok yaitu model pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi, proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe make a match terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VII di SMPN 1 Kota Solok. J enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Kota Solok yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas Vllr sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap. Teknis analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hipotesis diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 4,53 > t1abel 1,67, dan pada kompetensi sikap nilai thitung 2, 18 > ttabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh meningkatkan kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap peserta didik kelas VII SMPN 1 Kota Solok. Kata kunci : Make a Match, Kompetensi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:27
Last Modified: 11 Mar 2020 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item View Item