Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Rahmayuni, Elsa (2019) Efektifitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ELSA_RAHMAYUNI_15033104_3119_2019.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Hasil penyebaran angket di SMA Pembangunan Laboratorium UNP menunjukkan bahan ajar dan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang bervariasi, sehingga tidak mampu memberikan pencapaian kompetensi yang memadai bagi peserta didik. Bahan ajar yang digunakan dalam penelitian adalah bahan ajar interaktifbermuatan nilai karakter dalam pendekatan saintifik yang dikembangkan oleh Haflianita Hasanah (2018) yang telah teruji valid dan praktis. Sedangkan untuk efektivitas bahan ajar belum dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitas Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik Terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Designs dengan One- Group Pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 dengan jumlah peserta didik 30 orang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis pre-test dan post- test untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Analisis uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan uji t berkorelasi. Setelah dilakukan penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data, dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Nilai Karakter dalam Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang dan Optik efektif digunakan dalam pembelajaran pada taraf nyata 0,05 yang dapat dilihat dari peningkatan kompetensi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan pada saat sesudah menggunakan Bahan Ajar Interaktif. Hasil efektifitas berdasarkan nilai thitung yang didapatkan lebih kecil dari nilai ttabel• Nilai t yang diperoleh adalah -31, 12 sedangkan nilai -ttabel adalah sebesar -1,701. Keywords : bahan ajar interaktif karakter, pendekatan saintifik, kompetensi peserta didik, efektifitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:58
Last Modified: 10 Mar 2020 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25863

Actions (login required)

View Item View Item