Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Pada Materi Besaran dan Pengukuran Serta Vektor untuk Kelas X SMA/MA.

Ramadhani, Dwi Putri (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik Pada Materi Besaran dan Pengukuran Serta Vektor untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DWI_PUTRI_RAMADHANI_15033101_3511_2019.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Keterampilan yang ditekankan adalah siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi dan bekerjasama, mencipta dan memperbarui, dan kemampuan literasi. Upaya pemerintah dalam menjawab tuntutan pendidikan abad 21 yaitu dengan menerapkan kurikulum 2013 revisi 2017. Kenyataan di sekolah menunjukkan pembelajaran fisika belum terlaksana dengan baik, salah satunya literasi siswa masih tergolong rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D). Objek pada penelitian ini adalah bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi besaran dan pengukuran serta vektor. Sumber data dari penelitian ini didapatkan dari hasil uji validitas dan uji praktikalitas bahan ajar. Hasil validasi didapatkan dari tiga orang dosen fisika UNP dan hasil kepraktisan didapatkan dari guru fisika kelas X dan siswa kelas X SMAN 1 Nan Sabaris serta SMAN 4 Pariaman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji validitas untuk menentukan validitas produk dan lembar uji praktikalitas untuk menentukan kepraktisan produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif terhadap hasil validasi dan kepraktisan produk. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang dilakukan didapatkan dua hasil penelitian dari produk yang dikembangkan. Pertama, bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi besaran dan pengukuran serta vektor memiliki nilai validitas yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata validasi 88,73. Kedua, penggunaan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi besaran dan pengukuran serta vektor memiliki nilai praktikalitas sangat tinggi dengan nilai rata-rata kepraktisan menurut guru sebesar 91, 11 dan menurut siswa sebesar 87,38. Jadi, kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi besaran dan pengukuran serta vektor adalah valid dan praktis. Kata Kunci : Bahan Ajar, Literasi Saintifik, Besaran dan Pengukuran, Vektor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2020 00:54
Last Modified: 09 Mar 2020 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25751

Actions (login required)

View Item View Item