Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di SMA Negeri 5 Padang

Hidayat, Handrian (2019) Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di SMA Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HANDRIAN_HIDAYAT_15045071_5396_2019.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis aktivitas belajar siswa 2) Menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa 3) Menganalisis upaya-upaya dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran geografi materi kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai porns maritim dunia di SMA Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar, kendala yang dihadapi guru dan upaya-upaya dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 SMAN 5 Padang yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Data dianalisis menggunakan Ms. Excel 2010. Temuan penelitian ini adalah 1) aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 masih dikategorikan MOTS (Middle Order Thinking Skill) karena persentase ABD lebih tinggi dari persentase ABL dimana ABD didominasi oleh skor 2 dan ABL didominasi oleh skor 1 2) Kendala yang dihadapi oleh guru untuk mengembangkan aktivitas belajar berupa kurangnya media dan sumber belajar yang tersedia, faktor internal peserta didik, kesulitan guru memahami karakter setiap peserta didik, dan keterbatasan guru mengawasi peserta didik menggunakan smartphone 3) Upaya untuk mengembangkan aktivitas belajar berupa memanfaatkan media dengan efisien, mengenali karakter peserta didik, dan memberi sanksi jika peserta didik memainkan smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:14
Last Modified: 05 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25687

Actions (login required)

View Item View Item