Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di SMA N 1 Batang Anai

Yohanda, Dedek Tri (2019) Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di SMA N 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DEDEK_TRI_YOHANDA_15045064_5416_2019.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa, kendala yang dihadapi guru maupun upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran geografi materi kondisi wilayah dan posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah Purposive Sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 dan kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, Wawancara, Dokumentasi, Data dianalisis menggunakan Ms. Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai materi kondisi wilayah dan posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia masih dikategorikan MOTS (Middle Order Thinking Skill) karena persentase skor kegiatan Aktivitas Belajar Dasar (ABD) lebih tinggi dibandingkan dengan persentase skor kegiatan Aktivitas Belajar Lanjut (ABL), serta masih banyak terdapat peserta didik yang melaksanakan kegiatan Aktivitas Belajar Dasar (ABD) maupun Aktivitas Belajar Lanjut (ABL) namun tidak melaksanakan kegiatan secara keseluruhan dengan antusias dan konsisten. Kendala guru dalam mengembangkan aktivitas belajar adalah sulit memahami kemampuan dan latar belakang peserta didik yang berbeda, kurangnya keterampilan guru dalam memilih model dan metode berbasis HOTS, kurangnya faktor penunjang pembelajaran, faktor internal peserta didik. Solusi guru dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa adalah dengan benar­ benar memahami dan mengenali karakteristik peserta didik, diadakannya pelatihan terhadap guru dalam pengembangan keterampilan tingkat tinggi peserta didik (HOTS), mengetahui serta memahami karakter peserta didik, mengenali minat bakat, kemampuan intelektual, selalu mengetahui perkembangan fisik, psikis ataupun kesehatan serta kebutuhan diri pribadi peserta didik sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan efektif dan efisien dilakukan di lingkungan keluarga maupun pendidik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:14
Last Modified: 04 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item View Item