Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended di Kelas VIIIA SMPN 4 Bukittinggi.

Hendri, Rini (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended di Kelas VIIIA SMPN 4 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RINI_HENDRI_1301315_152_2019.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, memunculkan ide yang berbeda dari biasanya. Kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju, namun kenyataannya kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran belum dikembangkan dengan baik.Tujuan dari penelitian nu adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal open-ended di kelas VIII A SMPN 4 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan subjek peserta didik kelas VIII A SMPN 4 Bukittinggi tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan berpikir kreatif matematika, wawancara berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif pada masing-masing kelompok tinggi, sedang, dan rendah, serta angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas VIII A SMPN 4 Bukittinggi dalam menyelesaikan soal open-ended berada pada kategori cukup, dengan kriteria masing-masing indikator yaitu: indikator kelancaran berada pada kategori cukup, indikator keluwesan berada pada kategori cukup, indikator keaslian berada pada kategori baik, indikator elaborasi berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25567

Actions (login required)

View Item View Item