Perbandingan Pemberian Resitasi Berupa Mind Mapping dengan Pemberian Pertanyaan yang Mengawali Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMPN 3 Padang Panjang

Permatasari, Dian Novika (2019) Perbandingan Pemberian Resitasi Berupa Mind Mapping dengan Pemberian Pertanyaan yang Mengawali Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMPN 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DIAN_NOVITA_PERMATASARI_5031031_3670_2019.pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kelas VII SMPN 3 Padang Panjang. Pemberian resitasi telah dilakukan di SMPN 3 Padang Panjang. Resitasi yang sering dilakukan selama ini adalah dengan memberikan pertanyaan, untuk itu perlu diketehui bagaimana hasil belajar peserta didik jika sebelum digunakan model talking stick diberi tugas tersebut. Resitasi yang lain adalah membuat mind mapping. Resitasi berupa mind mapping sebagai alternatif untuk merangsang kreativitas peserta didik dengan di iringi model pembelajaran yang tepat di harapkan pengaplikasiannya lebih optimal. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah di SMPN 3 Padang Panjang adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pemberian resitasi berupa mind mapping dengan pemberian pertanyaan yang mengawali pembelajaran kooperatif model talking stick terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik kelas VII SMPN 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Statis Group Comparison Design. Penentuan sampel yang mewakili dari populasi digunakan teknik Purposive Cluster Sampling. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan metode statistik untuk melihat pencapaian keberhasilan belajar peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan memakai uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 2,41 > ttabel 1,68. Pada kompetensi sikap kelas eksperimen I dengan nilai 80% kategori baik sekali sedangkan kelas eksperimen II dengan nilai 76% kategori baik. Pada kompetensi keterampilan kelas eksperimen I didapatkan 85% kategori baik sedangkan kelas eksperimen II sebanyak 81 % dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat perbedaan pemberian resitasi berupa mind mapping dengan pemberian pertanyaan yang mengawali pembelajaran kooperatif model talking stick terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik di SMP Negeri 3 Padang Panjang. Kata Kunci: resitasi, mind mapping, pembelajaran kooperatif, talking stick dan kompetensi belajar 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:46
Last Modified: 02 Mar 2020 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item View Item