Pengembangan E-modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA.

Febriyandi, Febriyandi (2019) Pengembangan E-modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FEBRIYANDI_15035102_3021_2019.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik sesuai tuntutan kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual pada materi sistem koloid untuk kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. E-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual pada materi sistem koloid divalidasi oleh 6 orang validator yang terdiri dari 4 orang dosen kimia FMIPA UNP, 2 orang guru kimia dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 20 orang siswa kelas XII IPA 1 SMAN 12 Padang dan dengan menggunakan instrumen berupa angket praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan moment kappa. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0.87; 0.88; 0.87. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa -modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual pada materi sistem koloid sudah valid dan praktis dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci : E-modul, inkuiri terbimbing, laboratorium virtual, sistem koloid, validitas dan praktikalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2020 00:52
Last Modified: 21 Feb 2020 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25360

Actions (login required)

View Item View Item