Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi.

Sulasni, Dea (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DEA_SULASNI_15035022_3282_2019.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing (LKPD) untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi laju reaksi dan menentukan validitas dan kepraktisan LKPD. LKPD ini menggunakan tahap pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi dan penutup. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengguakan model pengembangan ploomp. Model pengembangan ploomp terdiri dari tiga tahap: penetian pendahuluan, pembentukan prototipe, tahap penilaian. lnstrumen penelitian adalah lembar validasi, angket, instrument keterampilan berpikir kritis. Validitas dan kepraktisan data dianalisis menggunakan cappa cohen. Rata-rata momen kappa darii lima validatro adalah 0,82 dengan kategori validitas yang sangat tinggi. Rata-rata momen kappa dari uji kelompok kecil adalah 0,84 dengan kategori validitas yang sangat tinggi. Rata-rata momen kappa dalam uji lapangan adalah 0,87 untuk guru dan 0,82 terhadap respon peserta didik. Pada aspek keterampilan berpikir kritis dilakukan pre-test dan post-test terhadap peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain 0, 72. Hasil data menunjukkan bahwa LKPD valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran serta efisien digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Laju Reaksi, Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Research and Development (R&D), Model Ploomp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2020 00:52
Last Modified: 21 Feb 2020 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item View Item