Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Tipe Think Talk Kemampuan Write (TTW) Komunikasi. Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019

Fitri, Magfira Annisa (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Tipe Think Talk Kemampuan Write (TTW) Komunikasi. Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MAGFIRA_ANNISA_FITRI_15029104_3331_2019.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan dasar yang hams dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII di SMP N 1 Pariaman masih rendah dan pembelajaran masih berorientasi teacher centered. Solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dengan baik. Sehingga, peserta didik dapat mengkomunikasikan ide dan gagasannya baik secara lisan maupun tulisan. Adapun tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMP N 1 Pariaman yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes akhir dan kuis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai P - value = 0,001. Karena nilai P - value < = 0,05 maka tolak H0• Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunukasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas VII SMP N 1 Pariaman. Kata kunci --- model pembelajaran TTW, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Feb 2020 01:45
Last Modified: 20 Feb 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item View Item