Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Belajar Sejarah Melalui Metode Sosiodrama di Kelas XI IPS I MAN 1 Sungai Penuh.

Ariska, Nia (2019) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Belajar Sejarah Melalui Metode Sosiodrama di Kelas XI IPS I MAN 1 Sungai Penuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NIA_ARISKA_17161024_4659_2019.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan metode sosiodrama di kelas XI IPS 1 siswa MAN 1 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah sebanyak 24 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket penelitian untuk melihat perubahan motivasi belajar siswa pada siklus I dan II. Untuk hasil belajar menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian terkait dengan motivasi belajar menunjukkan peningkatan dari dari pra siklus sebesar 56% meningkat di siklus 1 sebesar 74% menjadi 82%., Hal ini menggambarkan sebuah peningkatan motivasi yang sangat memuaskan. Hasil penelitian lain juga menunjukkan peningkatan persentase motivasi belajar siswa yang sangat memuaskan. Peningkatan yang terjadi pada setiap siklus mulai dari pra siklus atau sebelum dilakukan siklus hanya termasuk dalam kriteria rendah kemudian setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi tinggi, kemudian meningkat menjadi sangat tinggi di siklus II. Ini menunjukkan setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus hanya mencapai 33%( Tuntas) kemudian meningkat pada siklus I sebesar 67% (Tuntas), dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 87% (Tuntas). Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode sosiodrama menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar sejarah siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode sosiodrama. Disaran kepada guru untuk dapat menggunakan metode sosiodrama sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:05
Last Modified: 11 Feb 2020 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25170

Actions (login required)

View Item View Item