Gambaran Kecerdasan Moral Sarjana Yang Memilih Berbudidaya Ikan Mas di Kenagarian Lansek Kadok Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Syukra, Uki Gustianda (2019) Gambaran Kecerdasan Moral Sarjana Yang Memilih Berbudidaya Ikan Mas di Kenagarian Lansek Kadok Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_UKI_GUSTIANDA_SYUKRA_14011119_5641_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan moral sarj ana yang memilih berbudidaya ikan mas di kenagarian lansek kadok Kecamatan Rao Sela tan Kabupaten Pasaman. J enis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan atau mengambarkan variabel masa lalu dan masa sekarang (sedang terjadi). Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah, disebut juga sebagai metode etno graft Hasil penelitian di dapatkan sembilan tema dalam menggambarkan kecerdasan moral pada sarjana yang memilih berbudidaya ikan, tema-tema tersebut adalah tema yang terkait dengan sarjana yang memilih untuk berbudidaya ikan, tema terkait dengan dampak positif berbudidaya ikan, perasaan-perasaan kesuksesan pada sarjana yang memilih berbudidaya ikan, tema terkait dengan terkait motivasi, tema yang terkait dengan integritas, tema yang terkait dengan nilai agama dalam nilai kehidupan, tema yang terkait dengan kontrol diri, tema yang terkait dengan berkomitmen melayani sesama, tema yang terkait dengan berpegang teguh pada kebenaran. Hasil penelitian ini juga menemukan sarjana yang lebih memilih untuk berbudidaya ikan dari pada menjadi pegawai honorer, faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap perkembangan nilai moral dan sikap individu mencakup aspek psikologis, sosial, budaya. Baik yang terdapat dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Kondisi psikologis, pola interaksi, pola kehidupan beragama, berbagai sarana rekreasi yang tersedia dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat akan mempengaruhi perkembangan nilai moral dan sikap individu yang tumbuh dan berkembang di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Feb 2020 10:44
Last Modified: 05 Feb 2020 10:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25084

Actions (login required)

View Item View Item