Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Kontekstual dengan Komponen REACT pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA

Rahmadini, Widia (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Kontekstual dengan Komponen REACT pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_WIDIA_RAHMADINI_1301771_3859_2018.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Materi laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari pada kelas XI SMA/MA. Pada materi ini terdapat konsep-konsep dan perhitungan serta percobaan yang dapat dilakukan siswa. Contoh-contoh dalam materi laju reaksi banyak yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, antara lain laju perkaratan besi yang berlangsung lambat, laju pembakaran bensin yang berlangsung cepat dan lain-lain, sehingga dapat digunakan strategi pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis strategi kontekstual dengan komponen REACT pada materi laju reaksi serta mengungkap kategori kevalidan dan kepraktisan dari LKS tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validitas dan angket praktikalitas yang dianalisis menggunakan rumus momen kappa. LKS ini divalidasi oleh 3 orang dosen kimia UNP dan 2 orang guru kimia MAN 3 Padang. Selanjutnya dilakukan uji praktikalitas LKS kepada 2 orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas XI IPA MAN 3 Padang tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan analisis data validitas diperoleh tingkat kevalidan tinggi, sedangkan analisis data praktikalitas guru dan siswa diperoleh masing-masing dengan tingkat praktikalitas tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis strategi kontekstual dengan komponen REACT ini dapat dikembangkan dengan tingkat validitas dan praktikalitas tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:55
Last Modified: 27 Jan 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24855

Actions (login required)

View Item View Item