Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berorientasi Chemistry Triangle Kelas X SMA/MA

Nurafni, Hutri Rahayu (2018) Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berorientasi Chemistry Triangle Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_HUTRI_RAHAYU_NURAFNI_14035077_4030_2018.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Pegembangan modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle memiliki kelebihan yaitu membantu peserta didik dalam hal memahami dengan baik pembelajaran kimia. Pembelajaran dengan menggunakan chemistry triangle membantu peserta didik mengingat konsep- konsep kimia pada materi ikatan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp (Preliminary Research, Prototyping Stage, dan Assesment Phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle divalidasi oleh 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 1 Gunung Talang. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 2 orang guru kimia dan 36 orang siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Hasil analisis lembaran validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,77, 0,90 dan 0,85. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul ikatan kimia berorientasi chemistry triangle sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:55
Last Modified: 22 Jan 2020 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24760

Actions (login required)

View Item View Item