Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Ekosistem untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X

Anisha, Anisha (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Ekosistem untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANISHA_15031001_3114_2019.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah ditinjau dari studi PISA dan TIMSS. Berdasarkan wawancara pada tanggal 4 F ebruari 2019 dengan salah seorang guru biologi di SMAN 1 Nan Sabaris terungkap bahwa penyebab rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yaitu tidak diperkenalkannya peserta didik dengan soal-soal kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill-HOTS) menuntut peserta didik untuk belajar tidak hanya sekedar hafalan atau menyampaikan kembali hafalan tersebut, tetapi peserta didik dituntut untuk menghubungkan, menganalisis dan juga mentranformasi pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi ekosistem. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembang (developmental research), menggunakan model pengembangan 4-D (four-D) models. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang validator dan 30 orang peserta didik kelas XI MIP A 5 SMAN 1 Nan Sabaris. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validitas yang diisi oleh dosen Biologi UNP dan angket praktikalitas diisi oleh guru SMAN 1 Nan Sabaris. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata validitas logis yaitu 0,91 dengan kategori sangat valid, nilai rata-rata praktikalitas yaitu 0,83 dengan kategori praktis, reliabilitas 0,98 kategori reliabel, dan distraktor dapat digunakan dengan persentasi 48%, sedangkan yang lainnya dilakukan revisi. Validitas empiris dari 50 soal yang diujikan didapatkan 36 soal valid, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda soal yang baik, distraktor soal yang cukup baik, serta reliabel. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemempuan berpikir tingkat tinggi yang valid, praktis, reliabel, serta memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda soal yang baik dan distraktor soal yang cukup baik. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:04
Last Modified: 16 Jan 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24642

Actions (login required)

View Item View Item