Perbedaan Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Genius di Kelas VIII SMPN 31 Padang

Yolanda, Sinta (2018) Perbedaan Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Genius di Kelas VIII SMPN 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SINTA_YOLANDA_1101389_4009_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi IPA siswa di kelas VIII SMPN 31 Padang belum tercapai dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi belajar dan pemahaman siswa dengan materi IPA, penggunaan bahan ajar dan strategi pembelajaran yang kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan handout berorientasi strategi pembelajaran genius terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa di kelas VIII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Designs dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 31 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling. Data penelitian meliputi tiga aspek yaitu kompetensi yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Instrumen yang digunakan pada kompetensi pengetahuan berupa lembar tes akhir, kompetensi sikap berupa lembar observasi, dan kompetensi keterampilan berupa rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif uji kesamaan dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata 0,05. Uji kesamaan dua rata-rata (uji t) dilakukan untuk masing-masing kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian kompetensi siswa pada tiga aspek. Pertama, pada aspek pengetahuan diperoleh rata-rata kompetensi siswa kelas eksperimen 81,34 lebih tinggi dibandingkan kompetensi siswa kelas kontrol dengan rata-rata 74,48. Berdasarkan uji statistik t, didapat t hitung = 3,22>t = 2,00. Pada aspek sikap rata-rata kompetensi siswa kelas eksperimen 86,17 lebih tinggi dibandingkan rara-rata kompetensi siswa kelas kontrol 85,28, didapat nilai t tabel hitung i = 0,80<t = 2,00. Pada aspek keterampilan didapatkan rata-rata kompetensi siswa kelas eksperimen 87,09 juga lebih tinggi dibandingkan rata-rata kompetensi kelas kontrol 83,78 didapatkan nilai t hitung = 2,81>t tabel tabel = 2,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan handout berorientasi strategi pembelajaran Genius dapat meningkatkan pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VIII di SMPN 31 Padang pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:27
Last Modified: 14 Jan 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24598

Actions (login required)

View Item View Item