Kontribusi Persepsi Siswa SMP dan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Ke SMK di Kecamatan Lahat.

Ardhy, Siswa Nova (2019) Kontribusi Persepsi Siswa SMP dan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Ke SMK di Kecamatan Lahat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SISWA_NOVA_ARDHY_15138115_1250_2019.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemui dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa SMP dalam menentukan pilihan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Hasil observasi peneliti pada beberapa orang siswa SMP disimpulkan bahwa siswa lebih cenderung memilih sekolah lanjutan karena saran orang tua dan ajakan teman sebaya. Hal ini membuktikan bahwa siswa tidak memiliki pilihan berdasarkan minat dan diri sendiri akan tetapi, cenderung oleh faktor lain dari luar dirinya. Tujuan dilaksakan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kontribusi persepsi siswa SMP dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan ke SMK di kecamatan Lahat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP se-Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. SMP yang akan dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah 3 sekolah, yaitu MTS Negeri Lahat, SMP Kartika II-3 Lahat, dan SMP N 5 Lahat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan angket. Angket yang dibuatberdasarkanvariabelyangditeliti yaitu mengenai persepsi, interaksi teman sebaya, dan minat. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik berupa korelasi dan regresi yang akan digunakan untuk pengujian hipotesis-hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis, besarnya pengaruh atau kontribusi Persepsi Siswa SMP terhadap Minat Melanjutkan ke SMK adalah 23,4%, besarnya kontribusi Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan ke SMK adalah 18,3%, besarnya pengaruh atau kontribusi Persepsi Siswa SMP dan Teman Sebaya secara bersama terhadap Minat Melanjutkan ke SMK adalah 35,6%.. Hasil ini menjelaskan varibel terikat berpengaruh cukup besar terhadap variabel bebas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menjelaskan minatmelanjutkanke SMK di kalangansiswa SMP diartikan sebagai kcenderungan yang mengarahkansiswauntukmemilihSMKsebagaikelanjutanpendidikan merekasetelahlulusdariSMPyang ditandaidenganadanyaperasaan senangterhadapSMKdanperhatianterhadapSMKyang disertai keinginanuntuk beraktivitasdidalamnya dalam hal ini kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Dec 2019 01:26
Last Modified: 12 Dec 2019 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24375

Actions (login required)

View Item View Item