Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Meilisa, Ranny (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Jurusan Teknik Komputer Jaringan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RANNY_MEILISA_16138126_1413_2019.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran. Singkatnya waktu belajar di kelas, dan siswa kurang aktif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga proses pembelajarannya monoton karena hanya berpusat pada guru sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan model pembelajaran terbalik kelas. 2) Mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas model pembelajaran membalik kelas di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom. Jenis metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D. Jenis data yang digunakan adalah data primer di mana data diperoleh langsung dari sekolah, guru, pakar dan siswa. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, yaitu dengan menggambarkan validitas, kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan Moodle dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan adalah media yang valid dengan rata-rata validitas media 0,85% dan validitas materi sebesar 0,89%, dan praktis dengan nilai kepraktisan dari respons guru sebesar 93,00% dan siswa. tanggapan 92,53%, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang juga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa. Dengan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media selama pembelajaran. Studi ini merekomendasikan agar dikembangkan dan diselidiki lebih lanjut, menggunakan uji coba yang lebih luas dan menyediakan konten yang lebih lengkap untuk peningkatan dalam pengembangan model pembelajaran Flipped Classroom.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:57
Last Modified: 09 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24340

Actions (login required)

View Item View Item