Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Wahyuni, Tri Putri (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_TRI_PUTRI_WAHYUNI_14031052_3535_2018.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut adanya instrumen penilaian yang melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi berada pada tingkatan kognitif C4C6. Namun instrumen penilaian yang dibuat oleh guru pada soal ulangan harian umumnya masih berada pada tingkat kognitif C1-C2, sehingga instrumen penilaian yang dibuat oleh guru ini belum melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi ruang lingkup biologi yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel dengan tingkat kesukaran sedang serta memiliki daya pembeda yang baik. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan pada 4-D models yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas dan uji praktikalitas. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil uji validitas menunjukkan soal valid secara validitas logis dengan rata-rata nilai sebesar 3,25 dengan kriteria valid. Secara validitas empiris juga menunjukkan soal valid dengan korelasi 0,3 sampai 0,6, dan dengan nilai praktikalitas sebesar 3,81, dan reliabilitas soal tinggi yaitu 0,72, serta tingkat kesukaran soal antara 0,30 sampai dengan 0,56 dengan kriteria sedang, serta soal memiliki daya beda baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi ruang lingkup biologi yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel dengan tingkat kesukaran sedang serta memiliki daya pembeda yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:29
Last Modified: 30 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item