Model Instrumen Penilaian Blended Learning di Perguruan Tinggi

Bentri, Alwen and Hidayati, Abna and Rahmi, Ulfia (2018) Model Instrumen Penilaian Blended Learning di Perguruan Tinggi. Technical Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Produk Terapan TH 1 Alwen Bentri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian blended learning dalam rangka akuisisi pengetahuan, sikap dan psikomotor. Model ini dibutuhkan sebagai referensi bagi dosen ketika melakukan pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan online learning tersebut. Dengan adanya instrumen penilaian ini penerapan blended learing dinilai dan dievaluasi sesuai dengan proses yang dilakukan. Artinya, pembelajaran tatap muka penilainnya dilakukan secara langsung, sedangkan penilaian online learning dilakukan juga secara virtual. Tujuan atau target khusus adalah; 1) Untuk menghasilkan instrumen penilaian blended learning di Perguruan Tinggi, dan 2) mengetahui validitas, dan praktikalitas instrumen tersebut. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP. Penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Pada tahun pertama kegiatan penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis tujuan perkuliahan, materi perkuliahan, kemampuan awal mahasiswa dan menganalisis bentuk penilaian yang sudah dilakukan dalam menerapkan blended learning pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Hasil analisis tersebut memberikan informasi terkait kebutuhan dosen, mahasiswa dan fasilitas pendukung dalam penyelenggaaan penilaian blended learning. Informasi tersebut membantu tim peneliti mendesain instrumen penilaian dan kemudian dikembangkan sesuai rancangan yang telah dibuat. Kegiatan berikutnya memvalidasi hasil pengembangan tersebut. penilaian dua validator diperoleh rata-rata 4,9 dan 4,5 yang bermakna sangat valid. Validitas instrumen juga dilakukan dengan ujicoba kepada pengguna untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya beda. Luaran wajib penelitian ini pada tahun pertama ini adalah 1) model intrumen penilaian blended learning di perguruan tinggi yang valid, dan praktis pada one to one group dan small group, 2) artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal jurnal internasional.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:02
Last Modified: 24 Oct 2019 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item