Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Anekdot terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas XI MA Negeri 3 Padang

Sepranalita, Yante (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Anekdot terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas XI MA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Yante_Seprinalita_15016075_3143_2019.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks anekdot siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks anekdot terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 250 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan simple random sampling 25% dari populasi, yaitu 61 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks anekdot dan skor hasil tes keterampilan menulis teks anekdot. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks anekdot dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks anekdot. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks anekdot siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 85,09. Kedua, keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi baik sekali (BS) dengan rata-rata 86, 13. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks anekdot terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas XI MA Negeri 3 Padang sebesar 17,56%%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks anekdot berkontribusi sebesar 17 ,56% terhadap keterampilan menulis teks anekdot. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks anekdot (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks anekdot (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:58
Last Modified: 18 Oct 2019 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item