An Analysis of the Second Year Students' Ability in Writing a Procedure Text of a Recipe at SMKN 9 Padang

Putri, Tari Kurnia (2019) An Analysis of the Second Year Students' Ability in Writing a Procedure Text of a Recipe at SMKN 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Tari_Kurnia_Putri_15018043_3127_2019.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur yang dilihat dari struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks tersebut. Desain penilitian yang digunakan adalah penilitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, Jurusan Kuliner di SMKN 9 Padang. Populasi berjumlah 122 siswa dari 8 kelas, XI Kl, XI K2, XI K3, XI K4, XI K5, XI K6, XI K7, dan XI K8. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 29 sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks prosedur selama 90 menit, dengan topik yang telah dispesifikkan oleh siswa. Tulisan siswa dianalisis menggunakan rubrik menulis teks prosedur terkait dengan struktur teks dan unsur kebahasaannya. Berdasarkan penilitian ini, kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur masuk dalam kategori 3 (good/baik). Meskipun kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur masuk dalam kategori 3(good/baik) dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaannya, namun ada beberapa bagian dari teks yang belum dimengerti siswa cara penulisannya. Siswa diharapkan lebih memahami bagaimana cara menulis teks prosedur dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:35
Last Modified: 16 Oct 2019 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23665

Actions (login required)

View Item View Item