Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang

Fantry, Mei (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MEI_FANTRY_14031059_3434_2018.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan proses menuju suatu perubahan kearah yang lebih baik, yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam diri seseorang. Belajar adalah memperbaiki manusia kearah yang lebih baik, berkualitas dan bermanfaat, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Proses belajar di SMPN 22 Padang menunjukkan bahwa peserta didik kurang berperan aktif selama proses pembelajaran, karena guru masih menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok dan hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 22 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel penelitian adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif untuk hasil belajar pada aspek pengetahuan dan aspek sikap. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes akhir untuk hasil belajar pada aspek pengetahuan dan lembar observasi untuk hasil belajar pada aspek sikap. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa hasil belajar pada aspek pengetahuan thitung > ttabel (4,29 > 1,67) dan hasil belajar pada aspek sikap thitung > ttabel (3,10 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII di SMPN 22 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:38
Last Modified: 07 Oct 2019 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item