Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Murni, Mai (2018) Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MAI_MURNI_14031043_3334_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang kurang menarik dan sulit dipahami menyebabkan siswa malas membaca, sehingga siswa tidak mampu berpikir kritis sesuai tuntutan kurikulum 2013. Akibatnya masalah yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran tidak terpecahkan. Salah satu pendekatan yang dapat memecahkan masalah dan meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran adalah problem solving. Selain itu materi klasifikasi makhluk hidup dianggap sulit oleh siswa karena penjabaran materinya sangat banyak. Oleh sebab itu bahan ajar yang tepat digunakan oleh siswa adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis problem solving pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan develompment research menggunakan model pengembangan plomp. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research phase, prototype phase, dan assessment phase. Subjek penelitian adalah 29 orang siswa dan objek penelitian adalah modul berbasis problem solving. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar self evalution, expert review, one to one evalution, small group evalution, field test dan angket praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa modul berbasis problem solving pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil uji validitas dengan nilai rata-rata 4,47 memenuhi kriteria sangat valid dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru dengan nilai rata-tara 4,58 memenuhi kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa dengan nilai rata-rata 4,43 memenuhi kriteria sangat praktis dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, dan manfaat. Maka dapat disimpulkan modul berbasis problem solving ini sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:38
Last Modified: 07 Oct 2019 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23563

Actions (login required)

View Item View Item