Hubungan Keterampilan Memahami Teks Eksposisi dengan Keterampilan Memproduksi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Painan

Putri, Nabela (2019) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Eksposisi dengan Keterampilan Memproduksi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Nabela_Putri_15016015_3822_2019.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri2 Painan. Ketiga, menganalisis antara keterampilan membaca teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini ada dua. Pertama, data keterampilan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan. Kedua, data keterampilan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan dengan sampel berjumlah 54 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua j enis tes, yaitu tes objektif dan tes untuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan memahami teks eksposisi sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan memproduksi teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan berada pada kualifikasi baik (80,42). Kedua, keterampilan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan berada pada kualifikasi baik (84,95). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memahami teks eksposisi dengan keterampilan memproduksi teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Painan pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung > ttabel (14,47> 1,58) dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel• Hasil penelitian ini sudah di atas KKM yang ditetapkan yaitu 78,00. Jadi, apabila keterampilan memahami teks eksposisi (X) siswa baik, keterampilan memproduksi teks eksposisi (Y) siswa akan semakin bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:04
Last Modified: 02 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23505

Actions (login required)

View Item View Item