Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik tentang Materi Sistem Sirkulasi pada Manusia untuk SMA

Tinambunan, Fanni Syahuri (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik tentang Materi Sistem Sirkulasi pada Manusia untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FANNI_SYAHURI_TINAMBUNAN_1301496_4532_2018.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Materi Sistem Sirkulasi mengenalkan bahwa tubuh merupakan contoh dari suatu sistem. Sistem dibangun dari adanya keterkaitan antara struktur dan fungsi dari organ-organ penyusun sistem sirkulasi tersebut. Sebagai contoh sistem sirkulasi tersusun dari organ jantung dan pembuluh darah yang memiliki struktur dan fungsi masing-masing, namun saling berkaitan satu sama lainnya. Pembelajaran memerlukan beberapa penunjang agar berjalan lancar, salah satunya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Komponen LKPD di sekolah masih kurang lengkap, belum tersedianya LKPD yang inovatif, dan sesuai dengan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menerapkan peserta didik lebih aktif menggunakan pendekatan saintifik, menemukan konsep sendiri. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem sirkulasi manusia untuk kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D models. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) namun penyebaran (disseminate) tidak dilakukan dalam penelitian ini. Data dari penelitian bersumber dari uji validitas oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas oleh 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 7 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk LKPD berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem sirkulasi manusia. Hasil uji validitas, diperoleh rata-rata nilai 91,35% dengan kriteria sangat valid, dan hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh nilai rata-rata 94,44 % dengan kriteria sangat praktis, sedangkan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 93,26% dengan criteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem sirkulasi manusia yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:03
Last Modified: 02 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item