Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 2X11 Kayutanam.

Sari, Cici Putri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 2X11 Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_CICI_PUTRI_SARI_14031067_3720_2018.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi belajar biologi peserta didik. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kompetensi belajar peserta didik yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di dalam kelas masih berpusat kepada guru, kurang terjalinnya interaksi antara peserta didik dengan guru, dan kompetensi belajar peserta didik belum tercapai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 1 2X11 Kayutanam. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Posstest Only Design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Kompetensi belajar yang dianalisis yaitu kompetensi belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa kompetensi belajar pada aspek kognitif thitung > ttabel ( 2,59 > 1,68), aspek afektif thitung > ttabel (3,13 > 1,68) , dan kompetensi belajar aspek psikomotor thitung > ttabel ( 2,30 > 1,68). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) bermuatan literasi sains meningkatkan kompetensi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

View Item View Item