Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Padang

Anggraini, Silvana Reza (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SILVANA_REZA_ANGGRAINI_1301308_4258_2018.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Indonesia selama lima tahun. Namun, sampai saat ini penerapan Kurikulum 2013 masih menemui banyak kendala, salah satunya adalah guru mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Karena beberapa kesulitan yang dialami oleh guru dalam menyusun perangkat pembelajaran matematika, akibatnya perangkat pembelajaran matematika yang dihasilkan belum memenuhi kiteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk peserta didik kelas X MIA. Jenis penelitian adalah design research dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assesment Phase. Subjek penelitian adalah 36 orang peserta didik kelas X MIA 7 SMA Negeri 3 Padang dan objek penelitian adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket uji praktikalitas, dan tes akhir peserta didik untuk uji efektif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian ini dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang memenuhi kriteria valid dengan indeks validitas melebihi 0,667, sehingga dapat disimpulkan karakteristik RPP dan LKPD sangat baik. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria praktis mendapat persentase praktikalitas lebih dari 60% dengan karakteristik sangat baik. RPP dan LKPD dinyatakan efektif , mendapat ketuntasan klasikal minimal lebih dari 75% dengan karekteristik baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:41
Last Modified: 11 Sep 2019 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23131

Actions (login required)

View Item View Item