Rancang Bangun Sistem Informasi Bidang Kesiswaan SMK Negeri 3 Payakumbuh Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter.

Widia, Deli (2017) Rancang Bangun Sistem Informasi Bidang Kesiswaan SMK Negeri 3 Payakumbuh Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DELI_WIDIA_1206507_101_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Payakumbuh merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata. SMKN 3 Payakumbuh melakukan pengelolaan pelanggaran siswa, pengelolaan rekapitulasi absensi siswa, serta kegiatan ekstrakurikuler yang dikerjakan secara manual oleh Tim Bidang Kesiswaan yaitu Guru, Wali Kelas, Guru BK, maupun Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Guna membantu Tim Bidang Kesiswaan dalam melakukan pengelolaan pelanggaran siswa, pengelolaan rekapitulasi absensi siswa serta data kegiatan ekstrakurikuler, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu proses pengelolaan pelanggaran siswa, pengelolaan rekapitulasi absensi siswa serta data kegiatan ekstrakurikuler. Sistem informasi bidang kesiswaan ini dirancang berbasis web dengan melibatkan bahasa pemograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor) berbasis framework codeigniter, JavaScript, Jquery. Sedangkan basis data yang digunakan adalah MYSQL. Dalam perancangan sistem dilibatkan Use Case, Activity Diagram, Context Diagram, Flowmap, Class Diagram dan ERD. Sistem ini juga menggunakan alias pada pengalamatannya dengan menerapkan htaccess pada alamat file sebenarnya sebagai salah satu security sistem. Sistem informasi ini melibatkan tujuh user yakni admin, operator, guru, wali kelas, guru bk, dan waka kesiswaan. Keenam level user yang terdaftar memiliki akun private untuk dapat masuk kedalam sistem yakni username dan password dengan enkripsi MD5. Pada halaman utama sistem menampilkan informasi SMKN 3 Payakumbuh. Sistem Informasi ini dapat mempermudah Tim Bidang Kesiswaan pengolahan dan pengelolaan data pelanggaran, data absensi, dan data ekstrakurikuler, memperoleh laporan data dalam waktu yang lebih singkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:45
Last Modified: 06 Sep 2019 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22995

Actions (login required)

View Item View Item