Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas X MIA MAN 1 Bukittinggi

Fadillah, Idris (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas X MIA MAN 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IDRIS_FADILLAH_1201269_3687_2018.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas X MIA MAN 1 Bukittinggi masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang pembelajarannya konvensional di kelas X MIA MAN 1 Bukittinggi tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIA MAN 1 Bukittinggi tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara acak sederhana, sampel yang diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika yang dianalisis dengan ujit’. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata = 0,05 diperoleh P-value = 0,004. Karena P-Value , maka tolak . Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Model Kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang pembelajarannya konvensional di kelas X MIA MAN 1 Bukittinggi tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:16
Last Modified: 05 Sep 2019 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item