Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square terhadap Hasil belajar dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungai Puar Kabupaten Agam

Raudhatullah, Hasbi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square terhadap Hasil belajar dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungai Puar Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HASBI_RAUDHATULLAH_1301389_4076_2018.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan sesuatu yang akan didapatkan oleh siswa setelah melewati proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar. Namun pada kenyataannya proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPN 3 Sungai Puar masih belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Proses pembelajaran matematika di SMPN 3 Sungai Puar masih terpusat pada guru dan siswa cenderung pasif menerima pembelajaran. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq, dan melihat apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 3 Sungai Puar Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitiannya randomized control-group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Sungai Puar. Sampel penelitian dipilih secara acak dan terpilih kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh P-Value <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:16
Last Modified: 05 Sep 2019 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item View Item