Pengaruh Model Pembelajaran MASTER Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 2xl 1 Enam Lingkung

Kastira, Cania (2019) Pengaruh Model Pembelajaran MASTER Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 2xl 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Cania_Kastira_14029065_720_2019.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang hams dimiliki setiap peserta didik dalam belajar matematika. Namun, fakta dilapangan diperoleh bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 2xl 1 Enam Lingkung masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif. Upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, yaitu MASTER. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran MASTER dan membandingkan dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 2x 11 Enam Lingkung dan mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran MASTER. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 2xl 1 Enam Lingkung Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan Sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII.G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.H sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan untuk aktivitas peserta didik dianalisis secara deskriptif dan kemampuan pemahaman konsep menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model MASTER lebih baik daripada yang belajar dengan model konvensional. Aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model MASTER juga meningkat, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran MASTER berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar perserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Aug 2019 08:56
Last Modified: 28 Aug 2019 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item