Pengaruh Penggunaan Comic Strip terhadap Kemampuan Menulis Teks Transaksional Bahasa Jepang pada Siswa Kelas XII SMA Pgri 3 Padang Tahun Ajaran 2018/2019

Khaled, Prima Diana (2019) Pengaruh Penggunaan Comic Strip terhadap Kemampuan Menulis Teks Transaksional Bahasa Jepang pada Siswa Kelas XII SMA Pgri 3 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_Prima_Diana_Khaled_1305558_1249_2019.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan metode eksperimental. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media comic strip terhadap kemampuan menulis teks transaksional bahasa Jepang siswa kelas XII SMA PGRI 3 tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa kelompok kontrol 21 orang dan 22 orang kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah total populasi 43 orang siswa. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan menulis teks transaksional bahasa Jepang siswa kelompok kontrol tanpa menggunakan media comic strip berada pada kualifikasi 'lebih dari cukup' dengan nilai rata-rata 73,07 sedangkan kemampuan menulis teks transaksional bahasa Jepang siswa kelompok eksperimen dengan menggunakan media comic strip berada pada kualifikasi 'baik sekali' dengan nilai rata-rata 91,32. Hasil uji-t disimpulkan hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 5% karena Thitung > Ttabel (34,43> 2,02). Dengan kata lain, penggunaan media comic strip berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menulis teks transaksional bahasa Jepang tentang letak benda pada siswa kelas XII SMA PGRI 3 Padang 2018/2019. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks transaksional kelompok eksperimen dengan menggunakan media comic strip lebih baik dibanding kelompok kontrol. Dengan kata lain, penggunaan media comic strip berpengaruh pada kemampuan menulis teks transaksional bahasa Jepang siswa kelas XII SMA PGRI 3 Padang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:24
Last Modified: 12 Aug 2019 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22525

Actions (login required)

View Item View Item