Korelasi Keterampilan Menyimak Apresiatif Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman

Sugihartati, Agnes (2019) Korelasi Keterampilan Menyimak Apresiatif Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Agnes_Sugihartati_14016094_1122_2019.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak apresiatifteks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman, dan Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman. Teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang (a) keterampilan menulis, (b) teks cerpen, dan (c) keterampilan menyimak apresiatif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 268 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,21. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 75,00. Ketiga, terdapat korelasi keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (3,56) lebih besar dari t1abe1 (1,68) yaitu thitung> t1abe1 (3,56> 1,68) dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel• Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen mempunyai korelasi dengan keterampilan menulis teks cerpen. Semakin baik keterampilan menyimak apresiatif teks cerpen akan semakin baik pula keterampilan menulis teks cerpennya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:09
Last Modified: 05 Aug 2019 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22414

Actions (login required)

View Item View Item