Studi Hasil Belajar Tari Siswa antara menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dengan Metode Konvensional di SMA 2 Kelas XI IPS Sijunjung

Ayu, Rara Vidi (2019) Studi Hasil Belajar Tari Siswa antara menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dengan Metode Konvensional di SMA 2 Kelas XI IPS Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Rara_Vidi_Ayu_14023030_804_2019.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan dan melihat hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni tari mengunakan metode konvensional dengan metode Cooperatif Learning tipe Think-Pair-Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA 2 Sijunjung dan cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan kelas terpilih berdasarkan rata-rata yang sama yaitu XI IPS 3 dan XI IPS 2. Jenis data penelian menggunakan data primer dan data skunder. Instrument penelitian ini berbentuk tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar seni tari siswa dikelas XI IPS 3 ( eksperimen) dengan rata-rata kelas 84,45 menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan hasil belajar seni tari siswa dan dikelas XI IPS 2 (control) dengan rata-rata kelas 80, 12 menggunakan metode pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar seni tari siswa dikelas XI IPS 3 (eksperimen) dan dikelas XI IPS 2 ( control) menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan metode pembelajaran konvensional yang diperkuat dengan pengujian yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,003<0,05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar seni tari siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan hasil belajar seni tari siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini diperkuat dengan nilai thitung>ttabel (3,275>2,0002) dengan dk=60 (nl +n2-2= 31 +31-2). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis HO yang diajukan diterima dan Hl yang diajukan ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:51
Last Modified: 01 Aug 2019 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22350

Actions (login required)

View Item View Item