Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama N egeri 31 Padang

Andhrieansyah, M.Lucky (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama N egeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_M_Lucky_Andhrieansyah_14020005_1888_2019.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaan Seni Rupa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket motivasi belajar dan tes hasil belajar untuk melihat indeks kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahap pengolahan deskriptif (subjek penelitian) dan analisis induktif menggunakan program SPSS v. 16 Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh 1) Sig-alpha (0.000 < 0,05) dan thitung lebih besar dari ttabel (6.947 > 1.668), maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan dibanding dengan hasil belajar kelas kontrol, 2) Sig-alpha (0.052 > 0.05) dan thitung lebih besar dari ttabel (2.096 > 1.746), maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar siswa kelas eksperimen motivasi belajar tinggi berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol motivasi belajar tinggi, 3)Sig-alpha (0.000 < 0.05) dan thitung lebih besar dari ttabeI (4.958 > 1.746), maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar siswa kelas ekperimen motivasi belajar rendah berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol motivasi belajar rendah Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:51
Last Modified: 01 Aug 2019 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item