Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Tari di SMPN 1 Unggul Bukittinggi

Yorian, Anisa Suyana (2019) Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Tari di SMPN 1 Unggul Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Anisa_Suyana_Yorian_14023080_1013_2019.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari tradisional dengan metode tutor sebaya di SMPN 1 Unggul Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tes keterampilan (psikomotor) siswa dalam pembelajaran tari dengan indikator wiraga, wirama, wirasa, properti, pola lantai. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka dan tes penampilan. Dianalisis dengan menggunakan uji t paired sample t test (uji t berpasangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar Seni Tari dengan penerapan metode tutor sebaya dengan hasil belajar pendekatan konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 87,6, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 84,57. Kemudian diperkuat lagi dengan hasil pengujian hipotesis dimana thitung>ttabel (9,989>2,0021). Maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Mar 2019 08:02
Last Modified: 28 Mar 2019 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item