Perbedaan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Group clozedan Teknik Group Sequencing Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Khaira, Umul (2017) Perbedaan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Menggunakan Teknik Group clozedan Teknik Group Sequencing Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_UMUL_KHAIRA_1100889_1421_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan teknik group cloze siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan menggunakan teknik group sequencing. Ketiga, mendeskripsikan perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan menggunakan teknik group cloze dan teknik group sequencing siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau quasi experimental research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017 sebanyak 256 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan kelas VIII2 yang berjumlah 64 orang, diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan teknik group cloze siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Baik dengan rata-rata (79,59). Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan teknik group sequencing siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup dengan rata-rata (75,10). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel (6,053 > 1,67). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan teknik group cloze lebih baik dari pada keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan teknik group sequencing siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Perbedaan tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung > ttabel yaitu 6,053 > 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan menggunakan teknik group cloze dan teknik group sequencing siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 26 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item View Item