Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Padang

Rafika, Rafika (2017) Pengaruh Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAFIKA_1300797_1499_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang sebelum dan sesudah penerapan teknik pemodelan dan menganalisis pengaruh teknik pemodelan terhadap tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 SMP Negeri 14 Padang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan teknik pemodelan siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 58,85. Kedua, keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan teknik pemodelan siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 86,97. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2 karena thitung > ttabel, yaitu 10,42>1,70. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik pemodelan. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarlan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 10,42>1,70. Dengan kata lain, teknik pemodelan berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 08:35
Last Modified: 22 Nov 2018 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19700

Actions (login required)

View Item View Item