Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Yunita, Fitri (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FITRI_YUNITA_1300785_3444_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model problem based learning (untuk selanjutnya disingkat PBL) berbantuan media gambar berseri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model PBL berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 271 orang yang tersebar dalam dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.6 dengan jumlah 33 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 73,96. Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model PBL berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,48. Ketiga, hipotesis kerja (H1) diterima pada taraf 95% dan dk = n – 1 karena ttabel< thitung (1,70<6,50). Dengan kata lain model pembelajaran PBL berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Dengan kata lain model problem based learning berbantuan media gambar berseri dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks fabel. Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena hasil penelitian membuktikan bahwa ttabel< thitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:19
Last Modified: 22 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19672

Actions (login required)

View Item View Item