The Effect of Using the Picture Dictation Tichnique on the Students’ Speaking Ability at the First Year Students of SMAN 4Padang.

Swanti, Susi (2014) The Effect of Using the Picture Dictation Tichnique on the Students’ Speaking Ability at the First Year Students of SMAN 4Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_SUSI_SWANTI_1712_2015.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Picture Dictation dalam pengajaran berbicara descriptive text memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan bicara siswa kelas X SMAN 4 Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Padang pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dan desain penelitian adalah posttest-only design karena penelitian ini hanya melihat apakah ada pengaruh perlakuan pada kelas eksperimen terhadap hasil bicara siswa dibandingkan dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sedangkan sampel penelitian adalah kelas X.IPS1 dan X.IPS2. Kelas eksperimen ialah kelas X.IPS1 dan kelas kontrol ialah kelas X.IPS2 yang berjumlah 32 dan 31 orang siswa. Kedua kelas diberikan speaking test dengan menyediakan 4 macam gambar yang akan dipilih 1 gambar oleh setiap siswa untuk dideskripsikan dalam waktu 3 menit. Hasilnya dijadikan sebagai data yang akan digunakan untuk melihat perbandingan hasil kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dihasilkan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 70.41 : 65.03. Selain itu, berdasarkan analisa statistik (uji t), nilai tcalculated (3.19) yang didapat lebih besar daripada nilai ttable (1.67). Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan pada kedua kelompok. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan teknik pembelajaran Picture Dictation memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil bicara siswa dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:08
Last Modified: 05 Nov 2018 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19187

Actions (login required)

View Item View Item