Otoritas Guru Dalam Konteks Pendidikan Kritis di SMA Negeri Kota Padang

Isnarmi, Isnarmi and Al Rafni, Al Rafni and Indrawadi, Junaidi (2010) Otoritas Guru Dalam Konteks Pendidikan Kritis di SMA Negeri Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (4). pp. 319-399. ISSN 0215-2673

[img]
Preview
Text
OTORITAS GURU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnenggarnbarkan fenornena interaksi belajar mengajar di sekolah dengan sudut tinjauan pendidikan kritis. Subjek penelitian adalah guru-guru SMAN di Kota Padang yang terdiri dari guru PKN dan Sosiologi. Untuk setting penelitian dipilih 6 SMAN yaitu SMAN 1 dan SMAN 2 Padang mewakili sekolah unggul, SMAN 3 dan SMAN 5 rnewakili sekolah pra unggul, dan SMAN 7 dengan SMAN 12 rnewakili sekolah kategori biasa. Darl enarn sekolah tersebut dipilih masing-masing 1 guru PKn dan 1 guru Sosiologi. Aspek yang diarnati dalarn penelitian ini adalah pola interaksi guru dan siswa dalarn proses pernbelajaran di kelas. Untuk menganalisis interaksi tersebut digunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis dari Fairclough, khususnya rnengenai kontrol Interaksi (Interactional Control Feature). Kerangka teori yang digunakan adalah teori otoritas dari John Wilson yang rnenyoroti penggunaan otoritas guru dalarn kelas. Dari hasil pengamatan ini diternukan bahwa interaksi guru siswa yang ada saat ini rnasih banyak didorninasi oleh guru. Penggunaan otoritas guru masih terfokus pada pencapaian target berupa penguasaan rnateri seperti yang telah direncanakan, dan pada akhirnya dibuktikan melalui keberhasilan dalarn rnenjawab soal tes (tengah semester atau akhir semester). Disimpulkan bahwa guru belurn rnenggunakan otoritas yang diarahkan kepada pendidikan atau pernberdayaan siswa sebagai subjek belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:25
Last Modified: 27 Apr 2016 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item