The Use of the 3 H (Here, Hidden, in my Head) Strategy in Teaching Reading Comprehension to English Department Students

Selvia, Devi (2016) The Use of the 3 H (Here, Hidden, in my Head) Strategy in Teaching Reading Comprehension to English Department Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_DEVI_SELVIA_1105969_2911_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang bagaimana penggunaan The 3H (Here, Hidden, in the Head) strategi dalam meningkatkan pemahaman membaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan setelah membaca. Hal ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam memahami bacaan dan menjawab pertanyaan yang jawabannya tersirat atau bersifat implisit. Makalah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mengidentifikasi tipe- tipe pertanyaan dan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan menggunakan mnemonic Here, Hidden, in the Head (the 3Hs). Ada tiga tipe pertanyaannya yaitu Here, Hidden, dan Head. Untuk menjawab ketiga tipe pertanyaan ada pula tiga lokasinya. Untuk pertanyaan Here jawabannya ada di dalam teks (here). Untuk pertanyaan Hidden, jawabannya tersembunyi di dalam teks. Tipe pertanyaan yang terakhir adalah Head dimana jawabannya ada di dalam kepala mahasiswa. Mahasiswa tidak perlu membaca teks tetapi mereka harus mampu membuat jawaban dengan kalimat sendiri berdasarkan pengetahuan yang telah mereka miliki. Oleh karena itu, dengan menerapkan strategi ini diharapkan dapat membantu kesulitan mahasiswa dalam menjawab semua pertanyaan pemahaman dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menarik kesimpulan (inference skill) sehingga pemahaman mereka meningkat dan memberikan masukan kepada guru tentang strategi yang efektif untuk digunakan setelah membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:22
Last Modified: 17 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18572

Actions (login required)

View Item View Item