The Effect of Number Head Together (NHT) Technique on Students’ Reading Comprehension at Tenth Year of SMA N 1 Bukittinggi

Yenti, Mega Gusna (2016) The Effect of Number Head Together (NHT) Technique on Students’ Reading Comprehension at Tenth Year of SMA N 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MEGA_GUSNA_YENTI_1200972_4969_2016.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa SMA N 1 Bukittinggi terhadap pemahaman membaca salah satunya diakibatkan oleh belum efektifnya teknik yang digunakan oleh guru di dalam mengajar reading. Oleh sebab itu perlu diterapkan sebuah teknik mengajar membaca yang menarik dan berguna untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Number Head Together (NHT) di dalam mengajar reading. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah siswa yang di ajar dengan menggunakan teknik NHT memiliki kemampuan memahami bacaan yang lebih baik dibandingkan siswa yang di ajar dengan menggunakan teknik biasa yang di dalam penelitian ini diistilahkan dengan teknik conventional. Penelitian ini mengemukakan hipotesis yakni siswa kelas X yang di ajar dengan menggunakan teknik NHT memiliki kemampuan memahami bacaan yang lebih baik dibandingkan siswa kelas X yang di ajar dengan menggunakan teknik conventional di SMA N 1 Bukittinggi. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA N 1 Bukittinggi tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling ini terdiri dari dua kelas yaitu X IPA 3 sebagai kelas experimen dan X IPA 5 sebagai kelas control.Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa 35 orang. Instrument yang digunakan adalah Reading Test. Tes dilakukan satu kali yaitu post-test. Tes tersebut terdiri dari dua puluh lima butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Setelah memberika post-test didapat data berupa nilai reading test oleh kedua kelompok sampel yang kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus uji-t, dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 8.73, sedangkan t-tabel sebesar 2.00, yang berarti t-hitung > t-tabel. pada taraf signifikasi 0.05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa yang di ajar dengan menggunakan teknik NHT memiliki kemampuan memahami bacaan yang lebih baik dibandingkan siswa yang di ajar dengan menggunakan teknik biasa yang di dalam penelitian ini diistilahkan dengan teknik conventional di SMA N 1 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:53
Last Modified: 10 Oct 2018 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item