Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya

Sari, Yosita (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_YOSITA_SARI_1709_2015.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) analisis data keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya tanpa menggunakan model pembelajaran CRH, (2) analisisi data keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya dengan menggunakan model pembelajaran CRH, (3) analisis data pengaruh penggunaan model pembelajaran CRH terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 228 orang yang tersebar pada enam kelas. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, kelas VII4 dengan jumlah 37 orang dan VII6 dengan jumlah 36 orang dijadikan sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus koefisien korelasi, rumus korelasi product moment. Variabel penelitian ini adalah (1) Keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi tanpa menggunakan model pembelajaran CRH, dan (2) Keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran CRH. Data penelitian ini adalah hasil tes akhir (posttest) keterampilan membaca pemahaman teks ekposisi siswa kelas VII, sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran CRH. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes objektif digunakan untuk mengukur keterampilan membaca teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya dengan menggunakan indikator yang terdapat dalam membaca pemahaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel yaitu thitung 5,803>1,68 yang berarti hipotesis diterima. Selain itu terlihat adanya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CRH. Peningkatan ini diketahui dari data tes akhir, yang terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,91 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,28. Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran CRH dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi karena t hitung > t tabel. Dalam hal ini model pembelajaran CRH efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII MTsN Koto Baru Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:37
Last Modified: 09 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item