Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Alita May (2015) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ALITA_MAY_SARI_5410_2015.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima permasalahan berikut. Pertama, minimnya minat siswa dalam menulis. Kedua, siswa mengeluh karena mereka mengalami kesulitan dalam memulai menulis berita. Ketiga, metode atau media yang digunakan oleh guru masih monoton. Keempat, kurangnya pemanfaatan media. Kelima, siswa sulit untuk menentukan informasi-informasi penting dari pokok-pokok berita Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis berita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimen serta menggunakan desain One Group PretestPostest Design. Jumlah populasi penelitian adalah 200 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, namun untuk jumlah sampel diambil 25 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis berita sesudah dan sebelum menggunakan metode discovery learning berbantuan media audiovisual (Pretest) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis berita. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayng sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 65,86. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang sesudah menggunakan model Discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (Ldc) dengan nilai rata-rata 75,60. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang karena nilai thitung > ttabel. Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis berita siswa kelas SMP Negeri 2 Lengayang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih baik daripada sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item