Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang

Utami, Putri Dika (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PUTRI_DIKA_UTAMI_1204977_681_2018.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan guru belum tercapai. Guru mendominasi pembelajaran, akibatnya siswa tidak mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif dan sistematis sehingga siswa menjadi lelah dan bosan dalam belajar, sehingga hasil belajar IPA rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan model Problem Based Learning tentang mendeskripsikan perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data berupa informasi tentang proses dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan dengan model Problem Based Learning. Dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : (a) perencanaan pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 78,55% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,9% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II (b) pelaksanaan aspek guru pada siklus I yaitu 75% dengan kualifikasi cukup, siklus II yaitu 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (c) pelaksanaan aspek siswa pada siklus I yaitu 77,5% dengan kualifikasi baik, siklus II yaitu 92,5% dengan kualifikasi sangat baik (d) hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 75,12% dengan kualifikasi cukup, siklus II yaitu 87,69% dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:48
Last Modified: 25 Sep 2018 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item