Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 03 Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir selatan

Febriani, Neri (2017) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 03 Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NERI_FEBRIANI_1108385_561_2018.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di kelas IV SDN 03 Pasar Amping Parak. Hal ini disebabkan pembelajaran sering didominasi guru sebagai sumber informasi. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dibandingkan pendekatan yang digunakan, Sehingga siswa menjadi tidak aktif dan cendrung menjadi pendengar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses bagi siswa kelas IV SDN 03 Pasar Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupataen Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitianinidilaksanakandalam II siklus, siklus I dua kali pertemuandansatu kali padasiklus II.Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.Sumber data adalah proses pembelajaranIPAmenggunakanPendekatan Keterampilan Proses. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVsebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : (a) Pengamatan RPP pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,4% dengan kualifikasi baik. Selanjutnnya pengamatan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 92,8% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat dilihat bahwa penilaian RPP mengalami peningkatan sebesar 12,4%, (b) Pelaksanaanpada aktivitas guru, siklus I73,22%dengan kriteriabaikdansiklus II 92,85%dengan kriteriasangatbaik, meningkat 19,63%. aktivitas siswasiklus I 73,22%kriteriabaik, dansiklus II92,85%kriteriasangatbaik, meningkat 19,63%, (c) Hasil belajar siklus I72,41kriteriabaik, siklus II85,17dengankriteriasangatbaik, meningkat12,76. Berarti, PendekatanKetempilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 03 Pasar Amping Parak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:48
Last Modified: 25 Sep 2018 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17390

Actions (login required)

View Item View Item